Celoteh Orangtua Bukan Blog Parenting

Lucu juga. Beberapa kawan blogger mengira kalau blog Celoteh Orangtua, yaitu blog ini sebagai blog parenting atau tentang pengasuhan anak.

Padahal, blog ini sekedar berbagi pengalaman hidup dari seorang pria menjelang tua dan akan segera menjadi orang tua (lansia) dalam kaitannya dengan kehidupan keluarga. Maklum, usia bloggernya akan mencapai angka 50 di tahun 2020 ini.

Tentunya, mau tidak mau, karena membahas tentang keluarga, pasti akan ada cerita pengalaman yang berkaitan dengan tumbuh kembang si anak. Meskipun demikian, bukan berarti bahwa artikel-artikel di sini akan merupakan tutorial untuk mengasuh seorang anak saja.

Masih ada banyak hal lainnya, seperti hubungan dengan tetangga, masyarakat, kantor, dan banyak lainnya.

Semua dipandang dari sisi pandang orangtua.

Bukan sekedar membahas tentang parenting saja yang sedang digilai oleh banyak kaum ibu.

Lagipula, blogger di belakang blog ini sangat menyadari bahwa setiap keluarga berbeda. Setiap pasangan dan anak juga berbeda. Tidak pernah ada yang sama. Jadi, tidak akan pernah ada sebuah teori standar yang berlaku umum bagi semua keluarga, anak, dan orangtua.

Blog ini hanyalah sekedar sharing tentang apa yang pernah dialami oleh penulisnya dalam kehidupan berkeluarga.

Tidak pernah sedikitpun tulisan dalam blog ini diniatkan untuk menggurui atau mendikte bagaimana orangtua harus bertindak terhadap anaknya. Meskipun demikian, jika memang ada pengalaman dan pengetahuan yang bisa dimanfaatkan oleh pembaca, silakan saja.

Yang jelas, saya sebagai pengelola blog ini tidak pernah menginginkan untuk menjadi maha guru dalam dunia pengasuhan anak atau menjadi “maha” orangtua yang tahu segalanya. Tidak juga saya memastikan bahwa apa yang dibagikan disini bisa diterapkan pada semua keluarga dan membawa hasil yang baik.

Saya bukan orangtua super.

Hanya, orangtua biasa saja yang saat tulisan ini dibuat memiliki seorang putra semata wayang yang beranjak dewasa.

Jadi, be wise dalam membaca dan jangan pernah memandang artikel disini adalah sebuah kebenaran mutlak dan pasti mujarab. Yang tertulis disini hanyalah cerita dan sudut pandang seorang manusia saja, yang tentunya punya berbagai kelemahan dan dunia yang berbeda dengan Anda, pembaca.

Itu saja yang bisa saya sampaikan sebagai penanda bahwa blog Celoteh Orangtua kembali hidup setelah cukup lama hiatus, berhibernasi karena kesibukan di dunia nyata.