Masukkan Iuran RT Sebagai Pos Wajib Keuangan Rumah Tangga

Ada sebuah kebiasaan buruk dalam kehidupan bermasyarakat yang masih sering dilakukan orang, yaitu terlambat membayar iuran RT. Entah apa alasannya, tidak sedikit warga yang sepertinya memandang remeh kewajiban untuk mendanai organisasi ke-RT-an dan bahkan menganggap bahwa hal itu sebagai sesuatu yang tidak jelas.

Padahal, seharusnya iuran RT harus dimasukkan dalam pos wajib keuangan setiap rumah tangga karena bersifat wajib . Jika tidak disiplin dilakukan, pasti ada dampak yang akan dirasakan oleh diri sendiri dan warga di lingkungan tersebut.

Mengapa bisa demikian? Karena iuran RT merupakan dana yang akan dipergunakan untuk memastikan pelayanan kebutuhan warga bisa dipenuhia. Contohnya saja

  • untuk membayar petugas kebersihan yang mengangkuti sampah
  • untuk membayar petugas keamanan yang memastikan lingkungan selalu aman
  • untuk memperbaiki berbagai prasarana yang rusak dalam sebuah ke-RT-an, seperti selokan, jalan, taman, dan sebagainya
  • untuk membayar iuran RT kepada pihak lain, seperti Tempat Pembuangan Sementara agar sampah dibuang ke tempat semestinya
  • untuk membayar iuran RW
  • untuk membayar rekening Penerangan Jalan Umum

Keterlambatan membayarkan iuran RT bisa menyebabkan Pengurus RT tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar kewajibannya kepada pihak lain. Bila hal itu tidak bisa dilakukan, maka layanan masyarakat yang disebutkan di atas bisa berhenti beroperasi dan menghasilkan banyak ketidaknyamanan bagi warganya.

Jangan dibayangkan bahwa pihak RT akan mendapat dana bantuan dari pemerintah. Sebagai sebuah lembaga kemasyarakatan yang bergerak mendukung administrasi pemerintah, organisasi RT tidak mendapatkan kucuran dana untuk operasional. Kalaupun ada, sifatnya insidentil saja dan tidak rutin.

Padahal, untuk memastikan kelancaran dalam melakukan itu, RT selalu akan memerlukan dana dan darimana sumber dananya selain dari warganya sendiri, yang menikmati berbagai layanan yang diberikan?

Untuk itulah dalam sebuah lingkungan ke-RT-an biasanya akan dilakukan rapat warga, yang salah satu fungsinya adalah untuk menetapkan besaran iuran RT yang diperlukan.. Hal ini pun dijamin oleh aturan yang berlaku dan tidaklah bertentangan dengan hukum.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya, sebuah keluarga yang tinggal di sebuah wilayah memasukkan iuran RT dalam pos wajib keuangan mereka. Iuran ini harus didahulukan karena menyangkut hal penting dalam kenyamanan hidup bersama di lingkungan tersebut.

Jadi, sudahkah Anda membayar iuran RT tepat waktu?